Desain Rumah Minimalis yang Sederhana namun Menarik

Rumah merupakan suatu bangunan yang memenuhi fungsi untuk melindungi seseorang dari panas, hujan, angin, dan lain-lain. Rumah sangat berguna bagi manusia. Rumah bisa dibangun di atas lahan yang luas atau sempit. Untuk membangun rumah, baik di lahan yang luas maupun di lahan yang sempit, harus ada desain rumah terlebih dahulu. Sehingga dapat membuat pemilik rumah merasa nyaman. Rumah yang dibangun di lahan sempit sering disebut dengan rumah minimalis. Desain berarti merancang, menggambar, dan membuat sketsa sebuah bangunan. Minimalis berarti mencoba menjadi lebih kecil, lebih pas, atau paling sedikit.

Desain rumah minimalis saat ini sangat digemari di kalangan masyarakat. Berkat desainnya yang minimalis, akan menciptakan kesan yang unik ketika dilihat. Pada umumnya, desain rumah minimalis berbentuk, bentuk geometris seperti kubus atau kotak tanpa atap pelana. De Stijl dan Bauhaus sebagai pelopor desain minimalis dalam dunia arsitektur pada tahun 1920-an. De Stijl lebih suka mendekorasi dalam bentuk dan warna, sementara Bauhaus menekankan menggabungkan seni dan kerajinan dengan teknologi terkini.

Jika desain rumah dengan gaya minimalis sudah menjadi cita-cita atau keinginan seseorang, menjaga rumah tetap rapi dan bersih setiap saat adalah langkah yang sangat sederhana. Ini adalah hal mendasar yang harus dilakukan setiap orang di rumah. Rumah minimalis dan unik yang akan membuat lingkungan benar-benar nyaman dan menyenangkan.

Simak uraian tips desain rumah minimalis berikut ini :

1. Desain yang Ringkas

Tips pertama untuk mendesain rumah minimalis adalah menjaga desain rumah Anda tetap bersih dan ringkas. Langkah termudah adalah mendesainnya lebih ringkas agar menjadi rumah minimalis, namun tidak kalah cantiknya dengan rumah yang besar dan luas.

2. Menyeimbangkan Elemen Rumah

Tips kedua adalah dengan menyeimbangkan elemen rumah. Misalnya, kursi di ruang tamu bisa dipadukan dengan karpet atau perlengkapan lampu yang bisa mempercantik ruangan. Jadi antara dinding rumah, kursi, pigora atau hal lainnya. Hal ini dilakukan untuk dapat mempercantik desain rumah.

3. Mengutamakan Fungsi Furnitur

Tips ketiga yaitu utamakan kualitas daripada kuantitas. Namanya juga minimalis, akan mengutamakan fungsi. Karena minimalis, maka ruangnya juga terbatas. Barang-barang yang dimasukkan ke rumah minimalis harus mempertimbangkan fungsi di atas segalanya. Intinya jangan terlalu banyak menambahkan furniture ke dalam rumah, supaya rumah tidak terkesan sempit.

4. Menambahkan Tekstur pada Desain Rumah Minimalis

Tip terakhir adalah menambahkan tekstur pada desain rumah Anda. Misalnya; Tambahkan kayu, batu atau tekstur lain untuk menyatukan dalam sebuah ruangan. Jika warna dasar ruangan diatur ke putih, objek tekstur harus sesuatu selain putih. Bisa warna krem, coklat, coklat susu, abu-abu atau warna lain. Kemudian ubin keramik diletakkan untuk dinding kamar mandi, yang terlihat licin, dan ada kayu di atap, kemudian ubin memiliki tekstur abu-abu kasar. Penempatan warna, bahan dan tekstur yang berbeda harus dipadukan sedemikian rupa sehingga terlihat minimalis namun tetap eksotis.

Dari uraian tips mendesain rumah minimalis, terlihat bahwa rumah minimalis bukan berarti rumah yang kurang menarik dan indah. Meski rumah minimalis, akan menjadi rumah minimalis jika dirancang dan didekorasi dengan baik, namun tetap akan terlihat indah dan bahkan mewah. Karena tidak semuanya minimalis itu tidak menarik. Jika Anda melihatnya dengan mata kepala sendiri, semuanya sesuai dengan tampilan rumah.

Untuk Anda yang membutuhkan jasa desain rumah, Anda dapat menemukannya di Sejasa.com yang merupakan platform terpercaya menyediakan segala kebutuhan rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *