Negara yang Bisa Melihat Aurora, Destinasi Impian Warga Indonesia

Negara yang Bisa Melihat Aurora, Destinasi Impian Warga Indonesia

Salah satu impian warga Indonesia adalah melihat aurora. Aurora adalah cahaya alami di langit yang hanya terlihat di beberapa wilayah garis lintang tinggi di sekitar Arktik dan Antartika. Aurora disebabkan oleh beberapa hal seperti angin matahari, interaksi medan magnet, reaksi atmosfer hingga emisi cahaya yang menyebabkan tabrakan cahaya sehingga memancarkan warna-warni yang indah di langit.

Warna aurora biasanya memancarkan sinar terang saat malam hari dengan berkas hijau, merah, kuning, biru dan ungu dengan bentuk spiral atau seperti tirai yang melambai-lambai serta berkilauan. Aurora hanya bisa dilihat di beberapa negara berikut ini sehingga menjadi tujuan destinasi wisata yang diidamkan sebagai salah satu puncak pencapaian tertinggi dalam dunia traveling.

Kanada

Daerah yang sering dijadikan tempat untuk berburu aurora adalah di sekitar wilayah Yukon dan Northwest Territories. Kanada juga dikenal dengan tempat yang menawarkan pengalaman di alam liar secara langsung serta melihat satwa-satwa di habitat aslinya.

Untuk bisa ke Kanada dari Indonesia, kamu bisa terbang dari Jakarta dengan tujuan Vancouver atau Calgary. Bisanya pesawat akan transit terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke destinasi akhir. Waktu terbaik untuk melihat Aurora di Kanada adalah pada bulan Agustus hingga April.

Norwegia

Kota Tromso adalah salah satu tempat yang direkomendasikan untuk melihat Aurora Borealis di Norwegia. Negara ini juga menawarkan pemandangan pegunungan yang bersalju dengan indah sehingga akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan. Untuk bisa ke Norwegia, tujuannya adalah Oslo. Dari Oslo bisa dilanjutkan terbang ke Tromso. Waktu terbaik yang direkomendasikan adalah dari bulan September hingga April.

Finlandia

Lokasi untuk melihat Aurora di Finlandia dikenal dengan wilayah Lapland dari rumah khas iglo yang unik serta pondok kayu di tengah hutan. Finlandia juga dikenal dengan alam liarnya yang mempesona. Cara untuk terbang ke Finlandia adalah tujuan dari Helsinki kemudian dilanjutkan perjalanan ke Rovaniemi atau Ivalo di Finland. Waktu terbaik untuk melihat Aurora adalah di bulan September hingga Maret.

Islandia

Negara ini menawarkan pemandangan vulkanik yang dramatis dengan geysernya. Salah satu keajaiban yang bisa dilihat adalah api biru seperti di Kawah Ijen, Jawa Timur. Wilayah yang direkomendasikan untuk melihat Aurora adalah di Reykjavik. Biasanya dari Jakarta tujuan ke Amsterdam lalu dilanjutkan ke Islandia. Waktu terbaik untuk melihat Aurora dari September hingga bulan Maret.

Selandia Baru

Negara yang tidak terlalu jauh dari Indonesia ini memiliki beberapa wilayah terbaik untuk melihat aurora seperti di Lake Tekapo, Stewart Island dan Otago Peninsula. Kamu bisa terbang dari Jakarta dengan tujuan Auckland dengan transit terlebih dahulu di Australia.

Harga tiket ke Auckland sangat bervariasi tergantung periode terbang serta maskapai penerbangan yang dipilih. Namun, secara umum untuk kelas ekonomi sekitar Rp 8 juta sampai dengan Rp 15 juta untuk tiket pulang pergi.

Hal yang perlu dipersiapkan jika ingin berangkat ke Selandia Baru selain visa, antara lain seperti paspor, bukti tiket pulang pergi, akomodasi selama di Selandia Baru, rekening bank serta dana yang cukup di dalamnya, asuransi perjalanan yang mencakup kesehatan selama berada di Selandia Baru.

Tentu saja persiapan yang harus dilakukan harus matang termasuk untuk pembelian tiket pesawatnya. Reservasi sejak awal untuk mendapatkan harga terbaik. Kamu juga bisa manfaatkan cicilan dana bulanan dari Kredivo untuk membeli tiket pesawatnya dengan cara dicicil hingga 12 bulan.

Kredivo memberikan limit pinjaman besar hingga Rp50 juta buat member premium. Cicilan ringan dengan bunga rendah mulai dari 1.99% per bulannya. Cara daftarnya juga mudah banget, tinggal unduh aplikasi resminya dari Play Store maupun App Store.